Monday 31 March 2014

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan Sayur



Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan Sayur - Melihat anak tumbuh besar dengan sempurna adalah harapan semua orang tua. Untuk memperolehnya hampir setiap orang tua membekali sang buah hati dengan makanan bergizi serta bervitamin. Salah satu cara memenuhi kecukupan gizi dan vitamin bagi anak adalah dengan mengonsumsi sayuran karena sayur syarat nutrisi yang baik untuk kesehatan.  Namun tidak semua anak-anak mau jika diberikan sayur, banyak orang tua yang mengeluhkan hal ini. Berikut ini ada tips untuk mengatasi anak yang susah mengkonsumsi sayur.
Memodifikasi beberapa makanan kesukaan anak dan mengemasnya menjadi lebih menarik. Anak-anak bisa dibujuk dengan visual maupun makanan yang terkesan cantik. Misalnya membuat  nasi dan sayur jadi boneka,mengukir wortel jadi bentuk bunga,dan banyak lainnya. Semakin kreatif memodif makanan yang mengandung sayuran untuk si anak maka kebutuhan sizi si anak pun akan terpenuhi.

Sembunyikan sayuran dalam menu favorit sang anak. Misalnya: Wortel, bayam, zukini, kol atau jenis sayur lain dicincang, diiris, atau diparut  lalu diselipkan ke dalam roti isi, sup krim, nasi goreng, telur dadar, atau skotel makaroni. Bisa juga menjadi campuran saus spageti, atau juga dimasukkan ke dalam adonan keik potong dan muffin.

Ajak sang anak untuk ikut masak sayuran. Misalnya membantu membersihkan sayuran, dan biarkan anak sesekali untuk mengaduk sayur yang sedang dibuat, maka dengan cara ini bukan tidak mungkin anak akan tertarik mencoba sayuran yang telah dibuatnya.

Bila jenuh dengan olahan goreng aaupun tumis, olahan panggang bisa njadi pilihan. Berikan olahan panggang dengan berbegai menu, seperti makanan laut, daging, dan jangan sampai lupa berikan buah ataupun sayuran. Buatlah sekreatif mungkin agar anak tertarik mau mencicipinya.

Beri nama yang lucu untuk sayuran. Anak akan sulit menkonsumsi makanan bila diberitahu itu kacang hijau. Coba ganti buncis dengan sebutan buncis sinar -X, agar menarik perhatiannya. Boleh berikan nama lain seperti nama tokoh kartun idola mereka.

Makanlah bersama dengan anak. Saat makan bersama sang anak cobalah untuk mamakan sayur, karena hal itu akan menjadi contoh karena kebanyakan anak cenderung mencontoh apa yang mereka lihat.

Jelaskan kehebatan sayuran untuk tubuh. Salah satu cara ampuh memotivasi anak adalah dengan bercerita dan menjawab pertanyaannya. Misalnya cerita tentang bayam dan kehebatannya yang membuat anak menjadi lebih kuat.

Buatlah sayur dalam bentuk jus dengan dicampur dengan es, misalnya tomat atau wortel. Agar lebih menambah rasa, berikan sedikit madu yang juga baik bagi kesehatannya.Serta jangan lupa membuat tampilannya menarik, hiaslah gelas dengan sedotan berwarna-warni, atau hiasan lain yang menarik perhatiannya

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan Sayur
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

20 September 2015 at 22:22 delete

Udah penuh aja nih blog mbak brenda putri qwf

Reply
avatar